Jumat, 30 November 2012

materi sejarah kelas XI semester 1



MATERI SEJARAH SEMESTER1
KERAJAAN MEDANG KEMULAN
            Berdasarkan penemuan beberapa prasasti, dapat di ketahui bahwa kerajan medang kemulan terletak di muara sungai brantas.  bernama watan mas. Kerajaan itu di dirikan oleh empu sendok , setelah dia memindahkan pusat pemerintahannya dari jawa tengah ke jawa timur. Wilayah kekuasaan medang kjamulan pada masa pemerintahan empu sendok mencakup nganjuk di sebelah barat,pasuruhan di sebelah timur,Surabaya di sebelah utara,dan malang di sebelah selatan.dalam pengembangan selanjutnya wilayah kekuasaan medang kamulan mencakupo hamper seluruh jawa timur .

a.sumber sejarah
            sumber sejarah kerajaan medang kamulan
1.berita asing
            Berita asing tentang keberadaan kerajaan medang kamulan di jawa timur dapat di ketahui melalui berita dari india dan cina.berita dari india mengatakan bahwa karajaan sriwijaya menjalin hubungan persahabatan dengan kerajaan chola untuk membendung dan menghalangi kemajuan kerajaan medang kamulan pada masa pemerintahan raja dharmawangsa
            Berita cina berasal dari catatan-catatan yang di tulis pada jaman dinasti sung catatan-catatan kerajaan sung itu menyatakan bahwa antara kerajaan yang berada di jawa dan kerajaan sriwijaya sedang terjadi permusuhan,sehingga ketika duta sriwijaya pulang dari cina (tahun 990 m),terpaksa harus tinggal dulu di campa sampai peperangan itu rada.pada tahun 992 m,pasukan dari jawa telah meninggalkan medang kamulan dapat memajukan pelayaran dan perdagangan.dan di sampingitu,tahun 992 m tercatat pada catatan-catatan negri cina tentang datangnya duta persahabatan dari jawa.
2.berita prasasti
            Beberapa prasasti yang mengungkapkan kerajan medang kamulan antara lain :
-          Prasasti dari mpu sendok , dari desa tangeran (daerah jombang) tahun 933m menyatakan  bahwa  raja  mpu sendok memerintah bersama permaisurinya  sri wardhani pu kbin.
-          Prassti mpu sendok dari daerah bangil menyatakan bahwa raja mpu sendok memerintah pembuatan satu candi sebagai tempat pendharmaan ayahnya dari permaisurinya  yang bernama rakryan bawang.
-          Prasasti mpu sendok dari lor (dekat nganjuk ) tahun 939m menyatakan bahwa raja mpu sendok memerintah pembuatan candi yang bernama  jayamrata dan jayastambo (tugu kemenangan) di desa anyok lodang.
-          Prasasti calcuta,  prasasri dari raja airlangga yang menyebutkan silsilah keturunan dari raja mpu sendok.

Kerajaan medang kamulan merupakan kelanjutan mataram. Berdasarkan sumber sejarah diketahui bahwa kerajaan medang telah di perintah oleh  raja  mpu sendok, dharmawangsa, dan airlangga.
Dalam perekonomian, masyarakat medang mengembangkan pertanian dan pardangan.
Hasil sastranya antara lain:
a.       Sang hyang kamahayanikan  pada masa mpu sendok.
b.      Menyadur kitab mahabrata ke dalam bahasa jawa kuno pada masa dharmawangsa.
c.       Arjuna wiwaha dan calon arang pada masa pemerintahan airlangga.

1 komentar: