Jumat, 30 November 2012

materi Elektronoka kelas XI



MATERI ELEKTRONIKA SEMESTER 1
Resistor — Presentation Transcript
1. ResistorRangkaian Elektronika
2. Daftar IsiApa Itu Resistor?Fungsi Spesifik ResistorKategori ResistorMembaca/Menentukan Nilai Resistor
3. Apa Itu Resistor?Resistor merupakan komponen elektronika yang bersifatmembatasi, menghambat, menahan arus listrik yangmengalir di dalam suatu rangkaian. Kemampuan resistordalam menghambat arus listrik sangat beragamdisesuaikan dengan nilai resistor tersebut. Satuan Resistoradalah Ohm dengan simbol "Ω".Bagaimana resistor dapat menahan arus listrik? di antaradua kutub resistor diproduksi sejumlah tegangan listrik,berdasarkan hukum Ohm, nilai tegangan berbanding lurusdengan arus yang mengalir.
4. Prinsip Kerja ResistorSebagai gambaran tentang bagaimana prinsip kerja darisebuah resistor, anggap saja ada arus air itu sebagai aruslistrik, sedangkan bendungan sebagai resistornya makabesarnya arus tergantung dari besar kecilnya pintubendungan yang dibuka. Semakin besar terbukanya pintubendungan, semakin besar juga arus yang melewatibendungan tersebut, jadi bila kita menginginkan arus yangbesar maka kita pasang resistor yang nilai resistansi(tahanan)-nya kecil, bila mendekati nol atau sama dengan nolatau tidak dipasang sama sekali dengan demikian arus tidaklagi dibatasi.
5. Fungsi Spesifik ResistorSebagai pembagi arusSebagai penurun teganganSebagai pembagi teganganSebagai penghambat aliran arus listrik,dan lain-lain.
6. Kategori Resistor Berdasarkan Nilainya• Resistor Linera (Fixed)• Resistor non Linear• Resistor variabel Berdasarkan Bentuknya• Silinder• SMD• Wiremound Berdasarkan Bahan Resistor Karbon (paling Banyak) Kawat Meta film (paling Banyak) SMD
7. Berdasarkan Nilainya Resistor Linear (fixed)Ialah resistor yang nilai hambatannya tetap.Makin besar bentuk fisik resistor, makin besar pula dayaresistor tersebut.Semakin besar nilai daya resistor makin tinggi suhu yangbisa diterima resistor tersebut.Resistor bahan gulungan kawat pasti lebih besar bentukdan nilai daya-nya dibandingkan resistor dari bahan carbon.
8. Berdasarkan Nilainya Resistor non LinearIalah resistor yang nilai hambatannya berubah-ubah karena faktorlingkungan, ex cahaya dan suhu PTC : Positive Temperatur CoefisienNilai hambatannya terpengaruh oleh perubahan suhu. Makin tinggisuhu yang mempengaruhi makin besar nilai hambatannya. NTC : Negative Temperatur CoefisienNilai hambatannya terpengaruh oleh perubahan suhu. Makin tinggisuhu yang mempengaruhi makin kecil nilai hambatannya. LDR : Light Dependent ResistorNlai hambatannya terpengaruh oleh perubahan intensitas cahayayang mengenainya. Makin besar intensitas cahaya yangmengenainya makin kecil nilai hambatannya
SUMBER: http://www.slideshare.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar